FAQ

FAQ

Pertanyaan Umum

Apa itu Ideanation?
Ideanation adalah sebuah platform yang dibuat untuk generasi muda untuk mempercepat inovasi mereka di bidang teknologi dan lingkungan dan mewujudkan inovasi mereka ke dunia.

Apa perbedaan antara Kompetisi Tahunan dan ICS?
Ideanation Innovation Challenge adalah kompetisi di mana kamu mengirimkan proposal ide inovasi berdasarkan topik pilihan kami
ICS adalah kompetisi yang dibuat secara series, dimana masing-masing series memiliki topik yang berbeda sesuai proyeknya.

Bagaimana cara untuk mendaftar kompetisi Ideanation?
Pertama, kamu perlu membuat akun dalam website Kompetisi.Ideanation.id (atau klik di sini untuk membuat akun). Selanjutnya, silahkan klik pada menu Kompetisi Ideanation Innovation Challenge jika kamu ingin mendaftar sebagai peserta Kompetisi Ideanation Innovation Challenge, klik pada menu ICS apabila kamu ingin mendaftar sebagai peserta Idea Challenge Series. Klik pada tombol pendaftaran, isi formulir yang diberikan, dan selesai! Mudah, kan?

Siapa yang bisa mengikuti kompetisi Ideanation?
Warga Negara Indonesia dengan usia minimal 17 tahun.

Apakah ada biaya yang diperlukan untuk mendaftar menjadi partisipan kompetisi Ideanation?
Tidak ada, karena kompetisi Ideanation tidak memungut biaya apapun. Hati-hati apabila ada pihak atau oknum yang mengatasnamakan Ideanation dan berusaha membahayakan kamu.

Apakah diperbolehkan dalam 1 tim ada anggota yang berbeda universitasnya?
Tentu saja diperbolehkan, kecuali tim kamu merepresentasikan universitas tertentu.

Bagaimana pelaksanaan semifinal dan final di tengah pandemi COVID-19?
Semifinal akan dilakukan secara online, sedangkan untuk final, kami masih merencanakannya dalam bentuk online. Silahkan tunggu informasi selanjutnya dari kami!

Apa saja keuntungan mengikuti kompetisi Ideanation ?
Keuntungna yang bakal kamu dapat yaitu hadiah hingga puluhan juta rupiah, inkubasi bisnis untuk jadi produk nyata dan siap dikomersilkan dan pendanaan hingga 1 milayar rupiah.

 

Pertanyaan Terkait Registrasi

Apa yang dimaksud dari "Representing for" di dalam formulir pendaftaran?
Bagian tersebut berarti pihak mana yang diwakili oleh tim kamu. Jika kamu mengikuti kompetisi untuk mewakili universitas atau institusi tertentu, maka silahkan pilih opsi "Universitas". Jika kamu tidak mewakili pihak manapun, silahkan pilih opsi "Individual".

Berapa banyak anggota yang diizinkan untuk ada dalam satu tim?
Minimal ada 2 (dua) anggota dan maksimal ada 5 (lima) anggota dalam satu tim (di luar pembimbing apabila ada). Khusus ICS, minimal adalah 1 (satu) orang dan maksimal adalah 3 (tiga) orang.

Apakah diperbolehkan untuk menambah anggota ke dalam tim yang sudah terdaftar?
Selama jumlah anggota tim belum mencapai 5 (lima) orang untuk Kompetisi Tahunan dan  3 (tiga) orang untuk ICS, kamu masih bisa menambahkan anggota ke dalam tim.

Apakah diperbolehkan untuk mengganti pembimbing tim?
Tidak bisa.

Apakah bisa mengganti ketua tim?
Tidak bisa. Jika kamu perlu mengganti ketua tim karena keperluan yang mendesak, kamu bisa membuat tim baru.

Apakah bisa menghapus anggota tim dari tim yang sudah terdaftar?
Tentu saja bisa. Anggota dapat menghapus diri sendiri tetapi tidak bisa menghapus anggota lainnya, sedangkan ketua tim bisa menghapus anggota lainnya tetapi tidak bisa menghapus dirinya sendiri. Menghapus anggota bisa dilakukan dengan klik pada ikon "X" berwarna merah di samping ikon edit.

Mengapa saya menerima peringatan bahwa proses pendaftaran tim saya belum lengkap?
Peringatan itu berarti ada sesuatu yang belum dilengkapi di proses pendaftaran. Silahkan periksa halaman Dasbor dan pastikan seluruh anggota sudah mengisi formulit pendaftaran dengan benar, dan tim sudah mengirimkan proposal atau presentasi.

Apakah bisa mengganti informasi atau data yang sudah didaftarkan sebelumnya?
Penggantian data diperbolehkan selama kamu melakukannya sebelum tenggat waktu yang diberikan. Kamu bisa mengganti data diri di halaman Dasbor.

Apakah bisa mendaftar di kedua kompetisi Ideanation?
Kamu bisa mendaftar di Ideanation Innovation Challenge dan ICS

Apakah diperbolehkan bila satu orang berada di dua tim berbeda tetapi mendaftar di satu kompetisi yang sama?
Tidak bisa. Satu orang hanya bisa terdaftar dalam satu tim di setiap kompetisi.

 

Registrasi Ideanation Innovation Challenge

Apa yang perlu disiapkan untuk menjadi partisipan Kompetisi Ideanation Innovation Challenge?
Kamu hanya perlu menyiapkan identitas diri (KTP/SIM), judul inovasi kamu dan proposal singkat sepanjang 5-10 halaman yang menjelaskan ide inovasi kamu. Setelah semua siap, kamu bisa mendaftar sebagai partisipan Kompetisi Ideanation Innovation Challenge.

Bagaimana cara mengirimkan proposal?
Proposal bisa dikirim setelah kamu melengkapi data 2 (dua) anggota tim di halaman 'Dasbor'. Lalu, di bawah nama anggota akan ada tombol bertuliskan 'Kirim Proposal'. Proposal harus dalam format PDF & DOC/DOCX.

Bisakah kami mengganti proposal yang sudah dikirim?
Tentu saja bisa. Seluruh penggantian atau perbaikan data atau file apapun yang sudah didaftarkan atau dikirimkan masih bisa diganti selama belum mencapai tenggat waktu yang ditentukan. Harap diingat bahwa proposal yang kami nilai adalah proposal terakhir yang kamu kirimkan.

Di mana kami bisa melihat format proposal-nya?
Kamu bisa melihat format proposal di menu dengan nama 'Template Proposal', atau di halaman Kompetisi Tahunan, atau klik disini

Kapan waktu terakhir untuk mengirimkan proposal?
Untuk Kompetisi Ideanation Innovation Challenge, proposal bisa dikirimkan, diganti, atau diperbaiki sampai 31 Agustus 2022.

 

Registrasi Idea Challenge Series

Apa yang perlu disiapkan untuk menjadi partisipan Idea Challenge Series (ICS)?
Kamu hanya perlu menyiapkan identitas diri (KTP/SIM), dan ide kamu. Masing-masing seri memiliki ketentuan yang berbeda. Silahkan membaca syarat dan ketentuan yang ada pada halaman ICS untuk masing-masing seri.

Bagaimana cara mengirimkan file pendukung?
File bisa dikirim setelah kamu melengkapi data semua anggota tim di halaman ‘Dasbor’. Lalu, di bawah nama anggota akan ada tombol bertuliskan ‘Kirim Presentasi’. Presentasi harus dalam format yang sudah ditentukan di masing-masing seri yang dikompetisikan.

Bisakah kami mengganti presentasi yang sudah dikirim?
Tentu saja bisa. Seluruh penggantian atau perbaikan data atau file apapun yang sudah didaftarkan atau dikirimkan masih bisa diganti selama belum mencapai tenggat waktu yang ditentukan. Harap diingat bahwa file yang kami nilai adalah file terakhir yang kamu kirimkan.

Di mana kami bisa melihat format file-nya?
Kamu bisa melihat format file yang dibutuhkan di halaman ICS di bagian seri kompetisi yang kamu ikuti.

Kapan waktu terakhir untuk mengirimkan presentasi?
Masing-masing seri memiliki waktu pembukaan dan penutupan registrasi yang berbeda, namun durasi pendaftaran masing-masing seri adalah 4 minggu. Silahkan membaca di halaman ICS untuk informasi lebih jelas.